BAWANG GORENG

Beberapa pekan ini saya sedang di landa dilema dan kegalauan seputar bawang. karena saya dan suami pecinta bawang goreng, jadi saya sering membeli bawang goreng di pasar yang sudah jadi. saat membeli dengan cerewetnya saya selalu bertanya ke penjual “ini garing gak ya? / di goreng pakai minyak apa? / goreng sendiri apa ngambil dari orang lain ?” hahaha… harus jeli donk sebagai konsumen. karna saya mencari bawang goreng dengan kualitas bagus namun harga terjangkau *haha.. namun saya gak puas kalau terus terusan membeli karna harganya juga lumayan mahal untuk kualitas bawang goreng yang bagus. jadinya saya bikin sendiri deh.. berikut hasil uji coba saya

  1. bahan baku bawang yang di beli di pasar ciputat *pedagang bilang bawangnya jenis bawang brebes. hasilnya… ketika di goreng akan cepat hitam jadi benar-benar harus di jaga supaya hasilnya cantik. jika warna nya hitam maka akan pahit rasanya. setelah jadi… sama sekali gak garing. 
  2. bawang saya campur tepung tapioka, kenapa pakai tepung tapioka? karna tepung ini bersifat mengikat kandungan air, sehingga bila di campurkan ke bawang maka hasilnya bisa lebih kriuuukkk. dan hasilnya… bawang memang kriuk tapi aneh rasanya *mungkin karna gak saya kasih garam.
  3. saya serching di internet.. ternyata jenis bawang untuk di goreng itu bukan bawang sembarangan, bawang yang di pakai yang berjenis “bawang sumenep”. saya tanya di pasar yang biasa saya berbelanja ternyata tidak ada yang menjual bawang jenis tersebut karna harganya yang mahal. lalu hasil dari gugling saya.. saya menemukan lokasi yang menjual yaitu di pasar induk kramat jati. berangkatlah saya kesana daaannnn bertemulah dengan si bawang sumenep dengan harganya 15.000/ kg. di banding dengan bawang brebes yang harganya 5000/kg ya 3x lipat toohhh… mahal bgt jadinya. tapi karna tekat saya bulat ingin buat bawang goreng yang enak.. akhirnya saya membeli bawang sumenep. sesampai di rumah, saya langsung goreng itu bawang, hasilnya.. memang memang kriuk dan enak memang.
  4. Finally…. saya dan suami jadi kecanduan sama bawang goreng ini… 
  5. Tapi kalau malas bisa beli yang sudah jadi… ada beberapa onlineshop culinary yg jual bawang goreng yang sedap dan kriuk.. seperti Bawang Goreng ALAI Link… www.indolauk.com

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s